Psychology – Psikologi

Banyak hal berharga yang saya dapatkan di dalam mata kuliah pedagogi ini. Bukan hanya pelajaran mengenai seluk-beluk pedagogi saja yang saya dapatkan, melainkan juga sejumlah pengalaman berharga selama mengikuti proses kuliah yang diampuh oleh Ibu Filia Dina Anggaraeni ini.

Microteaching merupakan program dari mata kuliah ini yang menurut saya paling banyak mengajari saya. Saya belajar banyak di sini. Salah satu pelajaran berharga yang saya dapat di sini adalah bahwa dunia anak-anak itu adalah dunia yang sangat menyenangkan. Tidak ada beban pikiran di dalam diri mereka semua.

Hal lain yang juga menjadi pelajaran bagi saya adalah bagaimana cara menghandle sebuah tim supaya tim yang saya pimpin bisa berfungsi secara maksimal. Cukup banyak sekali masalah yang kami hadapi sebagai tim. Pada saat-saat seperti inilah, banyak pelajaran yang bisa kami dapatkan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Mengenai perkuliahan yang dilakukan secara online, menurut saya ini adalah metode yang paling unik jika dibandingkan dengan mata kuliah yang lain. Tidak ada mata kuliah lain di Fakultas Psikologi USU yang menggunakan metode perkuliahan online selain mata kuliah yang diampuh oleh Ibu Filia Dina. Namun saya melihat sedikit kelemahan dalam metode ini. Mahasiswa yang kesulitan mendapatkan koneksi internet (modem maupun wi-fi) tentu akan sangat terganggu dengan metode ini. Selain itu, proses komunikasi melalui sistem online juga menjadi sebuah kendala karena banyak sekali percakapan yang dilakukan dalam satu waktu. Sehingga ini bisa membuat mahasiswa menjadi malas untuk membaca satu per satu obrolan yang diposting di grup chat.

Terima kasih kepada semua teman-teman yang sudah terlibat bersama saya di dalam setiap proses perkuliahan mata kuliah pedagogi ini. Dan khususnya terima kasih banyak kepada Ibu Filia Dina yang sudah dengan sabar dan tekun memimpin jalannya mata kuliah Pedagogi yang luar biasa ini. Terima kasih semuanya.🙂

Leave a Reply

