Psychology – Psikologi

Sebelum dan sesudah, kami ingin mengucapkan mohon maaf kepada Ibu Dina terlebih dahulu, karena sudah (tentunya tanpa sengaja) menciptakan ketidaknyamanan dalam proses belajar-mengajar pagi tadi.

Perkuliahan pagi hari ini sebenarnya bertujuan untuk mereview tentang UTS yang baru saja berakhir dan sekalian memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan remedial, untuk memperbaiki nilai. Namun karena dalam proses belajar-mengajar tadi pagi kami kurang aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dosen, perkuliahan tadi menjadi tidak efektif, dan itu menyebabkan dosen lebih memilih untuk meninggalkan kelas.

Sebagai mahasiswa, kami sadar, itu adalah salah kami. Dosen sudah berusaha untuk menjadi fasilitator untuk membantu kami memahami pelajaran, tetapi kami malah pasif di dalam kelas, tidak memberikan respon ketika ditanya.

Mahasiswa adalah penerus bangsa. Mahasiswa adalah agen perubahan (agent of change). Mahasiswa adalah insan terdidik yang perilakunya akan menjadi acuan oleh masyarakat. Dari serangkaian definisi kata ‘mahasiswa’ tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam sebuah proses belajar-mengajar, mahasiswa sebagai pembelajar lah yang seharusnya aktif untuk mendapatkan ilmu, bukan pasif menunggu ilmu datang dengan sendirinya.

Semoga dengan pengalaman perkuliahan hari ini, kami semua dapat tersadar bahwa kami ini sudah menyandang status MAHASISWA, dan harus lebih Mandiri serta AKTIF dalam proses pembelajaran di manapun kita berada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: