Psychology – Psikologi

TESTIMONI UTS Semester 4

Secara garis besar, UTS yang dilakukan secara online ini sudah memenuhi beberapa asumsi dari Andragogi tentang desain belajar. Asumsi-asumsi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Orang dewasa perlu mengetahui mengapa mereka harus mempelajari sesuatu
  2. Orang dewasa perlu belajar atas dasar pengalaman
  3. Orang dewasa belajar dengan lebih baik ketika topik yang dipelajari memiliki nilai langsung

Dalam pelaksanaan UTS ini, kami (peserta ujian) mengetahui mengapa kita harus mengikuti ujian ini, kami dapat belajar langsung atas pengalaman UTS secara online (metode ujian yang sama sekali baru bagi kami), dan saya pribadi juga merasa mendapatkan suatu nilai atau pelajaran yang baru melalui UTS online ini, yakni bahwa ternyata ujian juga bisa dilakukan secara online, tanpa harus dilaksanakan secara konvensional.

Banyak sisi positif yang bisa didapat dari sistem ujian seperti ini. Mengurangi penggunaan kertas (support pencegahan Global Warming) dan efisiensi waktu adalah beberapa di antara manfaat UTS secara online ini. Namun ada juga beberapa kendala dalam sistem UTS online ini menurut saya, yakni bahwa mahasiswa yang tidak memiliki akses internet di rumah menjadi terpaksa harus berusaha sedikit ekstra untuk mendapatkan koneksi internet (pergi kampus untuk memakai wi-fi atau pergi ke warnet). Dan meskipun koneksi internet sudah didapat, belum tentu soal ujian sudah diposting sehingga mahasiswa harus menunggu tanpa pernah mengetahui harus menunggu selama apa.

Sisi negatif lain dari sistem ujian seperti ini adalah bahwa Tidak adanya jaminan bahwa orang yang menjawab adalah mahasiswa itu sendiri. Tidak tertutup kemungkinan bagi mahasiswa untuk menyuruh orang lain yang lebih kompeten daripada diri mereka (kakak, orangtua, teman, ‘orang bayaran’) untuk membantu mereka memberikan jawaban.

Referensi:

Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi, Bandung: Alfabeta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: