Psychology – Psikologi

Kesan pertama saya pribadi pada pertemuan kedua kelas Pedagogi adalah agak membosankan. Penyebab utama kebosanan saya itu mungkin karena saya tidak membawa laptop, sementara perkuliahan itu secara keseluruhan menggunakan laptop sebagai sarana belajarnya (belajar tentang USU e-learning).

Unsur pedagogi yang diajarkan pada saat itu juga menurut saya sangatlah kurang. Tidak ada ilmu pedagogi yang disinggung atau diajarkan secara langsung pada tanggal 5 Maret ini, tetapi dosen mengatakan bahwa selama perkuliahan tersebut telah ada sedikit ilmu pedagogi yang diterapkan/diajarkan secara tidak langsung. Berikut adalah ilmu pedagogi yang menurut saya telah diajarkan secara tidak langsung pada saat itu:

Dalam bukunya Prof. Dr. Sudarwan Danim, dijelaskan bahwa Pedagogi (Pedagogy) bermakna suatu studi tentang bagaimana menjadi guru. Lebih khusus lagi, pedagogi bermakna cara seorang guru mengajar atau seni mengajar (the art of teaching). Pada kelas pedagogi pertemuan kedua ini, dosen menerapkan prinsip pedagogi itu, membuka wawasan mahasiswa tentang seni mengajar yang baru yaitu belajar dengan menggunakan smart-gadget dan fasilitas internet.

Bukan hanya itu, dosen juga memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk langsung menjadi guru. Mahasiswa yang lebih memahami tentang cara penggunaan USU e-learning, diberi kesempatan untuk mengajarkan apa yang dia ketahui tentang itu kepada mahasiswa lainnya yang berada di dalam kelas tersebut.

Referensi:

Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi, Bandung: Alfabeta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: