Psychology – Psikologi

Sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda dengan efektif?Adabanyak sekali cara untuk menghabiskan waktu luang kita. Tidur siang, main game, baca komik, pergi jalan-jalan dengan teman, dan sebagainya. Tapi, apakah semua kegiatan-kegiatan kita dalam waktu luang kita itu sudah cukup efektif?

Itulah fungsi dari bimbingan konseling pengisian waktu luang yang ada di sekolah. Bimbingan konseling seperti itu bertujuan untuk membantu siswa dank lien-kliennya dalam :

  1. mengisi waktu luang dengan kegiatan yang konstruktif
  2. mengisi waktu luang di luar maupun di dalam jadwal sekolah
  3. menyusun rancangan dan rencana kegiatan
  4. mencapai keseimbangan antara kegiatan belajar dengan kegiatan waktu luang, dan keseimbangan kegiatan jasmani, mental maupun social.

Jadi, apabila anda memiliki masalah dalam menentukan kegiatan apa yang seharusnya Anda lakukan dalam waktu luang Anda, silakan berkonsultasi dengan bimbingan konseling yang ada di sekolah Anda. Dengan begitu, waktu luang Anda akan Anda manfaatkan dengan seefektif mungkin.

Daftar Pustaka :

Sukadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok: Lembaga Pengambangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: