Psychology – Psikologi

Dalam buku seni perang Sun Tzu yang sangat terkenal itu, ada dibahas mengenai pentingnya sebuah perencanaan. Dikatakan di dalamnya bahwa, apabila kita terjun ke dalam medan perang tanpa perencanaan sama sekali, hasil perang sudah dapat dipastikan. Kita akan kalah!

Begitu pula di dalam dunia pendidikan, sebuah perencanaan itu sangatlah penting! Seorang guru sebelum masuk ke dalam kelas dan memberikan materi pembelajaran, guru yang bersangkutan tersebut haruslah sudah merencanakan teknik-teknik pengajaran yang menurutnya ampuh untuk membantu para siswanya agar mengerti materi yang sedang diajarkan.

Perencanaan adalah aspek penting untuk menjadi guru yang kompeten (Parkay & Mass, 2000). Perencanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran. Perencanaan yang seperti inilah yang seharusnya diaplikasikan oleh semua guru. Mereka perlu menentukan mau seperti apa dan bagaimana mereka akan mengajar. Hal ini dilakukan bukan semata-semata bertujuan untuk kepentingan murid saja, melainkan juga untuk kepentingan guru yang bersangkutan agar sang guru lebih percaya diri ketika berada di dalam kelas, serta untuk memaksimalkan waktu yang dimiliki oleh sang guru.

 

Daftar Pustaka:

Santrock, John W. 2007 . Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media Group.

Suggested Articles :

Sun Tzu’s Art of War

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: