Psychology – Psikologi

TESTIMONI film Upin dan Ipin

Film Upin&Ipin memang sangat mendidik, khususnya bagi anak-anak penggemar film kartun. Film tersebut bagi anak-anak mungkin hanya akan dianggap sebagai hiburan semata, namun secara tidak langsung film tersebut berisi banyak sekali pembelajaran-pembelajaran yang dapat ditiru oleh mereka. Misalnya, anak-anak menjadi bisa lebih menghargai kehidupan orang-orang yang tinggal di perkampungan, bisa lebih memperkuat sikap saling tolong-menolong antar sesama, menjadi anak yang lebih taat beragama, menjunjung tinggi sopan-santun, dan lain sebagainya.

Bukan bagi anak-anak saja, film tersebut juga sebenarnya bisa menjadi bahan pembelajaran bagi orang-orang yang sudah dewasa sekalipun. Dari film ‘behind the scene’ yang menampilkan proses-proses pembuatan film tersebut saja, kita bisa mendapatkan sebuah pembelajaran bahwa untuk menghasilkan sebuah karya, tidaklah bisa dilakukan dengan instant. Semuanya membutuhkan proses. Dalam film ‘behind the scene’ itu disebutkan bahwa untuk memproduksi sebuah film upin&ipin yang berdurasi 90 menit tersebut, dibutuhkan waktu yang cukup panjang yakni Dua Setengah Tahun!

Dari film ini juga kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa, proses pembelajaran itu tidaklah terbatas hanya pada pemberian materi di dalam kelas saja. Melalui media-media dan teknologi-teknologi yang sudah ada sekarang ini, misalnya melalui film Upin&Ipin itu saja, kita juga mengalami proses pembelajaran yang mungkin malah lebih menarik daripada sekadar pemberian materi di dalam kelas. Setuju?🙂

 

*tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas Pertemuan ke-4 dari Dosen Psikologi Pendidikan*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: