Psychology – Psikologi

Tulisan ini dibuat sebagai komentar balasan kepada Ibu Filia Dina Anggaraeni yang telah memberikan komentar pada tulisanku yang sebelumnya yang berjudul “Guru Matematika. Cukupkah Menguasai Kemampuan Berhitung saja?“. Sebelum dan sesudah, aku ucapkan terima kasih kepada Ibu Dina atas komentar singkatnya tersebut.

“Adakah pengalaman yang mengesankan seperti uraianmu di atas (uraian pada tulisan sebelumnya)?”

“Ya, tentu saja!”

Saya memiliki cukup banyak guru matematika jika dihitung dari sejak aku duduk di bangku Taman kanak-kanak hingga bangku Sekolah Menengah Atas. Namun, dari semua itu, hanya ada satu saja guru matematika yang menjadi favoritku (aku yakin teman-teman semua juga mempunyai satu orang guru yang sangat difavoritkan). Dia adalah guru matematika yang telah membuatku amat sangat menyenangi dunia angka ini.

Sebut saja namanya Pak SC. Kemampuan berhitungnya sendiri memang sangat luar biasa, namun bukan itu yang aku banggakan darinya. Kemampuannya membuat pelajaran matematika menjadi enak untuk dipelajari-lah yang membuatku mengacungkan kedua jempolku.

Humor-humor yang sering disampaikannya di tengah-tengah pembelajaran juga sangat efektif untuk membangkitkan kembali suasana kelas. Dia juga adalah sosok yang kharismatik, sehingga semua murid-muridnya sangat menyeganinya. Akan tetapi, ada satu hal dari Pak SC yang menurutku adalah sisi negatifnya, yakni bahwa dia tidak segan-segan untuk kontak fisik dengan muridnya yang tidak mematuhi peraturannya. Karena aku bukan termasuk murid yang suka melanggar peraturan-peraturannya, jadi aku tidak terlalu menghiraukan sisi negatifnya tersebut. Aku tetap menganggapnya sebagai guru terfavoritku.

Jadi, perlu ditegaskan sekali lagi, bahwa seorang guru matematika tidaklah cukup bila hanya menguasai kemampuan berhitung saja.😀 Setuju?

“Terima Kasih Guruku”

Leave a Reply

