Psychology – Psikologi

Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi juga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Misalnya saja dalam teknologi komunikasi. Mulai dari penggunaan kantor pos sebagai sarana komunikasi jarak jauh, penggunaan telegram, pager, hingga pada era modern ini kita sudah dapat mengenal yang namanya Handphone, Ipad, Komputer, Laptop, dan lainnya, serta tidak ketinggalan juga yang namanya Internet. Semua perkembangan teknologi tersebut, khususnya Internet, tentu amat sangat membantu kita dalam melakukan komunikasi jarak jauh serta mendapatkan berbagai macam informasi yang up-to-date tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Menurut J.W. Santrock, internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan berbagai macam informasi yang tak terhitung banyaknya dan dapat diakses dengan bebas oleh siapapun, termasuk oleh para murid atau guru-guru untuk digunakan dalam kepentingan pendidikan.

Disebutkan di atas bahwa internet merupakan inti dari komunikasi melalui komputer. Hal itu tidak berarti bahwa internet hanya bisa diakses melalui computer saja. Di zaman yang serba digital sekarang ini, kita juga sudah bisa mengakses internet melalui telepon seluler kita. Hal ini tentu sangat membantu dan mempermudah kita untuk mendapatkan informasi dimanapun kita berada.

Manfaat dari penggunaan internet itu sendiri juga sangat banyak. Salah satu yang sudah disebutkan di atas adalah bahwa kita dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan sangat cepat dan mendapatkan berbagai macam informasi yang kita inginkan.  Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh National Assessment of Educational Progress (2000), murid-murid yang menggunakan fasilitas internet di rumahnya masing-masing mendapatkan nilai sains yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan internet di rumah.

Manfaat lain dari internet yang tidak kalah pentingnya adalah Anda dapat menemukan tulisanku ini dengan sangat mudah, dan membacanya secara bebas di tempat/rumah Anda masing-masing dengan posisi duduk yang nyaman. Anda juga bisa memaki-maki atau memuji-muji tulisan ini dari kejauhan tanpa ketahuan oleh sang penulisnya. Jika Anda ingin memberikan komentar kepada sang penulis mengenai tulisannya ini tapi tidak tahu nomor handphone sang penulis, tidak tahu alamat rumahnya, tidak tahu di mana tempat sang penulis biasa nongkrong, dan lain sebagainya, Anda tidak perlu khawatir. Internet ini sudah sangat mempermudah Anda untuk menghubungi sang penulis. Anda bisa langsung meninggalkan komentar melalui kotak komentar yang ada di bawah tulisan ini. Atau, Anda juga bisa mencari sang penulis melalui akun FACEBOOK-nya (klik di SINI untuk melihat profile FACEBOOK sang penulis), atau melalui akun TWITTER-nya (klik di SINI untuk melihat profile TWITTER sang penulis).

Bagaimana? Ternyata internet itu sangat membantu kita semua ya… Dan mengenai judul tulisan ini ‘Hari gini gak tau internet?!’, aku yakin kalian semua yang sedang membaca tulisan ini sudah tahu apa itu internet. Kalau tidak, tulisan ini mungkin tidak akan pernah Anda baca. He…he…he…😀

Daftar Pustaka:

Santrock, John W. 2007 . Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media Group.

Suggested Articles:

Manfaat Internet Bagi Pelajar

Manfaat Internet sebagai Media Pendidikan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: